Selasa, 26 Juli 2011

membedakan konsep oksidasi reaksi dan reaksi lainnya

berikut dan tetukan
oksidator dan reduktor!
a. Fe2O3(s) + S(s)→ Fe(s) + SO2(g)
b. Cu2O(s) + CO(s) →Cu(s) +
CO2(g) Lampiran :
Model pembelajaran
langsung ( Direct learning)
Pengetahuan yang bersifat
informasi dan prosedural
yang menjurus pada ketrampilan dasar akan lebih
efektif jika disampaikan
dengan pembelajarn
langsung.
Pada model pengajaran
langsung terdapat lima fase yang sangat penting. Sintaks
model pembelajaran
langsung
Fase Peran guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa Guru
menjelaskan TPK, informasi
latar belakang pelajaran,
pentingnya oelajaran,
mempersiapkan siswa untuk
belajar, Fase 2
Mendemonstrasikan
pengetahuan dan
ketrampilan Guru
mendemonstrasikan
ketrampilan dengan benar, atau menyajikan informasi
tahap demi tahap
Fase 3
Membimbing pelatihan Guru
melaksanakan dan
memberikan bimbingan pelatihan awal
Fase4
Mengecek pemahaman dan
memberikan umpan balik
Mencek apakah siswatelah
berhasil melakukan tugas dengan baik, dan memberi
umpan balik
Fase 5
Memberikan kesempatan
untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan Guru mempersiapkan kesempatan
melakukan pelatihan
lanjutan, dengan perhatian
khusus pada penerapan
kepada situasi lebih
kompleks dan kehidupan sehari-hari
Pendekatan pembelajaran
Pendekatan adalah konsep
dasar yang mewadahi,
menginsipirasi, menguatkan,
dan melatari metode
pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
 Pendekatan konstekstual
(CTL) merupakan konsep
belajar yang membantu guru
mengaitkan antara materi
yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
dan mendorong siswa untuk
membuat huibungan antara
pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat.Dalam
konteks ini siswa perlu
mengerti makna belajar,
manfaatnya, dalam status
apa mereka dan bagaimana
mencapainya. Dengan ini siswa menyadari bahwa apa
yang mereka pelajari
berguna untuk kehidupannya
nanti.
(http://zalva-
kapeta.blog.spot.com)  Pendekatan konstekstual
sendiri dilakukan dengan
melibatkan komponen-
komponen pembelajaran
yang efektif yaiyu
konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat
belajar, pemodelan, refleksi,
penilaian, sebenarnya
(http://
maistrofisika.blog.spot.com)
Metode Pembelajaran: Metode pembelajaran adalah
prosedur, urutan,langkah-
langkah, dan cara yang
digunakan guru dalam
pencapaian tujuan
pembelajaran.Dapat dikatakan bahwa metode
pembelajaran merupakan
jabaran dari pendekatan.
Pada RPP yang diatas
metode yang dipakai adalah :
 Diskusi informasi adalah suatu cara mengelola
pembelajaran dengan
penyajian materi melalui
pemecahan masalah, atau
analisis sistem produk
teknologi yang pemecahannya sangat
terbuka
 Demonstrasi adalah cara
pengolahan pembelajaran
dengan memperagakan atau
mempertunjukan kepada siswa suatu proses, situasi,
benda atau sara kerja suatu
produk teknologi yang
sedang dipelajari.
 Tanya jawab adalah suatu
cara mengelola pembelajaran dengan menghasilkan
pertanyaan-pertanyaan
yang mengarahkan siswa
memahami materi tersebut.
 Pemberian tugas adalah
cara mengajar atau penyajian materi melalui
penugasan siswa untuk
melakukan suatu pekerjaan
Teknik pembelajaran
Teknik adalah cara kongkret
yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.
Guru dapat berganti- ganti
teknik meskipun dalam
koridor metode yang sama.
Satu metode dapat
diaplikasikan melalui berbagai teknik
pembelajaran. Misalnya
dengan memberikan buku
pembelajaran tentang
bilangan oksidasi dan
reduktor atau LKS MOTIVASI Menunjukkan gambar-
gambar akibat reaksi redoks
atau membawa besi berkarat
(benda-benda yang korosif) Gambar kebakaran Gambar besi berkarat
Pertanyaan : mengapa bisa
terjadi kebakaran atau
mengapa besi bisa berkarat
(korosif) bila terlalu lama
dibiarkan dialam terbuka atau jika kena asam..?? Bahan yang untuk
didemonstrasikan Ilustrasi sebuah reaksi
terjadinya reaksi redoks Redoks (singkatan dari reaksi
reduksi/oksidasi) adalah
istilah yang menjelaskan
berubahnya bilangan
oksidasi (keadaan oksidasi)
atom-atom dalam sebuah reaksi kimia.Hal ini dapat
berupa proses redoks yang
sederhana seperti oksidasi
karbon yang menghasilkan
karbon dioksida, atau reduksi
karbon oleh hidrogen
menghasilkan metana(CH4),
ataupun ia dapat berupa
proses yang kompleks
seperti oksidasi gula pada
tubuh manusia melalui
rentetan transfer elektron yang rumit.Istilah redoks
berasal dari dua konsep,
yaitu reduksi dan oksidasi. Ia
dapat dijelaskan dengan
mudah sebagai berikut
Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron oleh
sebuah molekul, atom, atau
ion
Reduksi menjelaskan
penambahan elektron oleh
sebuah molekul, atom, atau ion.
Walaupun cukup tepat untuk
digunakan dalam berbagai
tujuan, penjelasan di atas
tidaklah persis benar.
Oksidasi dan reduksi tepatnya merujuk pada
perubahan bilangan oksidasi
karena transfer elektron
yang sebenarnya tidak akan
selalu terjadi. Sehingga
oksidasi lebih baik didefinisikan sebagai
peningkatan bilangan
oksidasi,dan reduksi sebagai
penurunan bilangan oksidasi.
Dalam prakteknya, transfer
elektron akan selalu
mengubah bilangan oksidasi,
namun terdapat banyak
reaksi yang diklasifikasikan
sebagai "redoks" walaupun
tidak ada transfer elektron
dalam reaksi tersebut (misalnya yang melibatkan
ikatan kovalen).
Reaksi non-redoks yang
tidak melibatkan perubahan
muatan formal (formal charge)
dikenal sebagai reaksi metatesis. Dua bagian dalam sebuah
reaksi redoks Pembakaran terdiri dari
reaksi redoks yang
melibatkan radikal bebas Besi berkarat Jawaban yang benar dari
pertanyaan motivasi adalah
adanya reaksi redoks ( reaksi
reduksi dan oksidasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar